Daftar Harga Kambing Aqiqah 2019 | 081231666604

Imam Ahmad dan Tirmidzi meriwayatkan dari Ummu Karaz Al Ka'biyah bahwa ia bertanya kepada Rasulullah tentang aqiqah. Dia bersabda, "Bagi laki-laki disembelihkan dua ekor kambing dan bagi perempuan disembelihkan satu ekor, dan tidak akan membahayakan kamu sekalian, apakah (sembelihan itu) jantan atau betina." 

Berikut ini daftar harga kambing aqiqah 2019 berlaku di Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan kota-kota lainnya
daftar harga kambing aqiqah 2019
daftar harga kambing aqiqah 2019

Bisa disimpulkan bahwa jika seseorang berkemampuan untuk menyembelih dua ekor kambing bagi aqiqah anak laki-lakinya, maka sebaiknya ia melakukannya, namun jika tidak mampu maka satu ekor kambing untuk aqiqah anak laki-lakinya juga diperbolehkan dan mendapat pahala.


aqiqah surabaya

Sejarah aqiqah memang sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad. Mengenai hukum makan daging aqiqah, ada beberapa riwayat yang mengatakan bahwa orang tua baik bapak atau ibunya diperbolehkan untuk memakan sebagian dari daging aqiqah anaknya sendiri dengan tidak berlebihan dalam mengkonsumsi. 

Intinya adalah daging kambing untuk aqiqah boleh untuk dimakan sendiri. Riwayat tersebut berdasarkan atas dua alasan atau dalil yaitu, alasan pertama adalah secara prinsip bahwa aturan dari pelaksanaan aqiqah sama halnya dengan aturan dari pelaksanaan ibadah qurban. Alasan kedua adalah adanya keterangan dari ummul mu’minin ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha terkait pelaksanaan aqiqah seorang anak.


aqiqah surabaya

Bolehkah kita memakan daging kambing aqiqah kita sendiri?

Pertanyaan yang sering dipertanyakan oleh masyarakat mengenai aqiqah salah satunya yaitu mengenai bolehkah kita memakan daging kambing aqiqah kita sendiri? Jika dilihat dari hukum aturan berqurban disebutkan bahwa orang yang melaksanakan qurban diperbolehkan untuk menerima atau memakan daging hewan qurban dengan jumlah yang tidak terlalu berlebihan pula. 

Lebih utama daging aqiqah dibagikan kepada orang lain terutama kaum fakir miskin yang lebih membutuhkan. Dapat disimpulkan bahwa yang tidak diperbolehkan adalah menghabiskan semua daging kambing aqiqah tanpa dibagikan kepada orang lain. 

Dalam Al Qur’an Allah berfirman:


فَكُلُواْ مِنْهَا وَأَطْعِمُواْ الْبَآئِسَ الْفَقِيرَ


“Makanlah dari sebagian hewan qurban itu dan berikan kepada orang yang sangat membutuhkan” (Qs. Al-Hajj: 28). 

Untuk kebutuhan Aqiqah, Kambing dan paket Aqiqah siap saji silahkan hubungi kami di 

SYIAR AQIQOH
Pusat Layanan Aqiqah, Khitan, Nikah Sesuai Syariah

Jl. Raya Kebonsari No.8 Surabaya

Telp 1 : 0318285556 
Telp 2 : 0318285557

Call/SMS : 081231666604 
WA : https://wa.me/6281231666604

Call/SMS : 081231666605 
WA : https://wa.me/6281231666605

Lebih baru Lebih lama

Recent in Harga Aqiqah