Hukum Aqiqah Anak Yang Meninggal | 081231666604

Aqiqah untuk orang yang sudah meninggal memang tidak disyariatkan, namun hanya disyariatkan pada kelahiran anak pada hari ketujuhnya. Baik untuk anak laki-laki maupun untuk anak perempuan. Untuk aqiqah anak laki-laki dua ekor kambing, sedangkan untuk anak perempuan satu ekor kambing. Mengenai jenis kambing baik itu betina maupun jantan sama-sama diperbolehkan. Asalkan sudah memenuhi syarat kambing untuk aqiqah. 


عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدَبٍ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص قَالَ: كُلُّ غُلاَمٍ رَهِيْنَةٌ بِعَقِيْقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَ يُحْلَقُ وَ يُسَمَّى


Dari Samurah bin Jundab dia berkata : Rasulullah bersabda : “Semua anak bayi tergadaikan dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing), diberi nama dan dicukur rambutnya.” 

Apabila orang tua tidak mampu mengaqiqahkan anaknya tepat pada hari ketujuh kelahiran anaknya, maka boleh mengaqiqahkan pada waktu yang disangka mampu untuk memenuhi aqiqah anaknya. Bagi orang tua yang memiliki anak laki-laki apabila tidak mampu membeli dua ekor kambing sekaligus, maka diperbolehkan membeli satu ekor dahulu dan dapat menebus satu ekor dilain waktu. 


أَنَّ عَائِشَةَ أَخْبَرَتْهَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَرَهُمْ عَنْ الْغُلَامِ شَاتَانِ مُكَافِئَتَانِ وَعَنْ الْجَارِيَةِ شَاةٌ


Dari Aisyah dia berkata : Rasulullah bersabda : “Bayi laki-laki diaqiqahi dengan dua kambing yang sama dan bayi perempuan satu kambing.” 

Berhubungan dengan mengaqiqahi orang yang sudah meninggal maka tidaklah lepas dari beberapa hal yaitu :
Hukum orang tua yang mengaqiqahi anaknya yang sudah meninggal. Jika anak tersebut sudah terlahir ke dunia, maka tetaplah berlaku hukum untuk mengaqiqahi. Jika bayi yang meninggal masih dalam kandungan yang sudah berusia lebih dari empat bulan, maka disyariatkan aqiqah. Tetapi jika usia kandungan dibawah empat bulan maka tidak disyariatkan. 

Aqiqah pada dasarnya adalah tanggung jawab orang tua untuk anak-anaknya. Tetapi jika ada anak yang ingin mengaqiqahi orang tua diperbolehkan, tetapi akan terhitung sedekah. Begitu pula mengaqiqahi orang tua yang sudah meninggal. Jika orang yang sudah meninggal memiliki wasiat ingin diaqiqahi, maka sang penerus wasiat wajib mengaqiqahkan. Tetapi jika tidak ada wasiat dan anak atau kerabat keluarga ingin mengaqiqahi tetap diperbolehkan tetapi kembali lagi pahala yang sampai adalah pahala sedekah untuk orang yag meninggal. Allohu A’lam…

aqiqah surabaya

Hikmah AQIQAH 


Aqiqah merupakan suatu pengorbanan yang akan mendekatkan diri anak kepada Allah SWT, dimasa awal anak tersebut menghirup udara kehidupan.

Aqiqah merupakan suatu bentuk pengorbanan bagi anak dari berbagai musibah dan kehancuran, sebagaimana Allah SWT, telah mengorbankan Ismail as, dengan menggantikan sembelihan yang besar.

Aqiqah Merupakan pembayaran hutang anak,untuk memberikan syafaat kepada kedua orang tuanya, kelak dihari kiamat.

Aqiqah merupakan perwujudan rasa syukur atas keberhasilan pelaksanaan syariat islam dan kelahiran serta bertambahnya generasi mukmin.

Aqiqah akan memperkuat tali ikatan cinta diantara anggota dan elemen masyarakat,sebab dengan berkumpul, duduk makan bersama dengan penuh kegembiraan menyambut generasi muslim baru.

Aqiqah mempererat tali silaturahim, dalam hal ini aqiqah menjadi media berlangsungnya komunikasi dan interaksi sosial yang erat dan sehat.

SYIAR AQIQOH
Pusat Layanan Aqiqah, Khitan, Nikah Sesuai Syariah
Jl. Raya Kebonsari No.8 Surabaya
Telp 1 : 0318285556 
Telp 2 : 0318285557

Call/SMS : 081231666604 

Call/SMS : 081231666605 

Lebih baru Lebih lama

Recent in Harga Aqiqah