Jual Kambing Aqiqah Murah Surabaya Sidoarjo Gresik | 081231666604

Sayarat hewan untuk aqiqah adalah jenis kambing kibasy (dibas) lazim biasa disebut dengan domba putih atau sejenis gibas (biri-biri) atau bisa juga jenis kambing biasa. Jenis kelaminnya bisa jantan atau betina yang paling penting adalah harus sehat, tidak cacat dan sudah dewasa. Sebaiknya memang mencari hewan aqiqah yang sempurna seperti yang telah dicontohkan Nabi Muhammad SAW kala melaksanakan aqiqah, yaitu kambing jantan yang sehat dan tidak cacat. 

Nabi Muhammad SAW bersabda yang di riwayatkan oleh Ashhabus Sunan yang artinya :“Untuk anak laki-laki dua kambing, dan untuk anak perempuan satu kambing, dan tidak memudharati kalian apakah kambing-kambing tersebut jantan atau betina.” (HR. Ashhabus Sunan, dan dishahihkan Syeikh Al-Albany). Jadi mengenai jumlah hewan aqiqah yang harus dipenuhi, jumlah hewan yang diaqiqahkan jika laki-laki adalah dua ekor kambing sementara perempuan adalah satu ekor kambing. 



Hikmah dilaksanakan aqiqah antara lain :


  • Sarana menyambut kelahiran anak kepada lingkungan sekitarnya.
  • Perwujudan rasa syukur dan kegembiraan atas bertambahnya umat Muhammad.
  • Mempererat ikatan cinta masyarakat yang berkumpul menghadiri jamuan aqiqah.
  • Ikut meringankan masalah sosial dengan pembagian daging aqiqah.
  • Menghubungkan antara anak dan orang tuanya baik dalam do’a maupun syafaat di hari kiamat.

Sebaiknya daging aqiqah dimasak atau tidak?
Dianjurkan agar dagingnya diberikan dalam kondisi sudah dimasak. Hadits Aisyah ra., "Sunnahnya dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan. Ia dimasak tanpa mematahkan tulangnya. Lalu dimakan (oleh keluarganya), dan disedekahkan pada hari ketujuh". (HR al-Bayhaqi).

Daging kambing aqiqah diberikan kepada tetangga dan fakir miskin juga bisa diberikan kepada orang non-muslim. Apalagi jika hal itu dimaksudkan untuk menarik simpatinya dan dalam rangka dakwah. Dalilnya adalah firman Allah, "Mereka memberi makan orang miskin, anak yatim, dan tawanan, dengan perasaan senang". (QS. Al-Insan : 8). Menurut Ibn Qudamah, tawanan pada saat itu adalah orang-orang kafir. Namun demikian, keluarga juga boleh memakan.

Syiar Aqiqoh bukan layanan biasa. Terima pemesanan dadakan, anda telpon pagi kami antar sore. Layanan aqiqah halal sesuai syari'ah penyembelihan kambing dan peroses pengolahan masakan dipantau setiap harinya. 


Customer serivice kami siap melayani anda setiap hari. Hari libur maupun tanggal merah kami tetap buka melayani mulai pukul 06.00-21.00 WIB. Bagi anda yang tidak bisa datang ke kantor cukup telpon, maka petugas kami akan agendakan kunjungan ke rumah. Ibadah menjadi lebih mudah dan pastinya sesuai syari'ah bersama Syiar Aqiqoh.


SYIAR AQIQOH
Pusat Layanan Aqiqah, Khitan, Nikah Sesuai Syariah

Jl. Raya Kebonsari No.8 Surabaya

Telp 1 : 0318285556 
Telp 2 : 0318285557

Call/SMS : 081231666604
WA : https://wa.me/6281231666604

Call/SMS : 081231666605
WA : 
https://wa.me/6281231666605


Lebih baru Lebih lama

Recent in Harga Aqiqah