Hikmah Aqiqah Menurut Islam | 081231666604

Pelaksanaan ibadah agar senantiasa mendapatkan ridho dan diterima oleh Allah SWT, harus sesuai dengan syar'i (hukum islam atau sebagaimana dirisalahkan oleh Rasulullah SAW) dan berlandaskan keikhlasan karena ketaatan kita kepada Allah SWT. 

aqiqah surabaya

Prosesi aqiqah dilaksanakan mulai dari pemotongan binatang ternak (dibas atau kambing) yang telah memenuhi syarat sah aqiqah, dianjurkan untuk memasaknya dan kemudian diadakan acara sebagaimana acara walimah, dengan mengundang sanak saudara, kerabat, tetangga, teman, untuk mempererat tali silaturahim dan menghidupkan sunnah Rasulullah SAW. Perlu kita perhatikan adab dan tata cara dalam walimah sebagaimana telah dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Antara lain cara bermuamalah dalam walimah, berpakaian, tempat dan hijab antara tamu laki-laki dan perempuan maupun sampai tata cara makan. Alangkah lebih baik lagi jika walimatul aqiqah menjadi sarana menambah pemahaman ke islaman dengan diisi acara kajian atau ceramah agama. 

aqiqah surabaya 2020

Prosesi aqiqah dijelaskan sebagai berikut :
1. Menyembelih binatang ternak (Dibas atau Kambing) yang telah memenuhi syarat aqiqah.
2. Dianjurkan pelaksanaan dilakukan pada hari ke 7 dari kelahirannya, apa bila belum bisa, dilaksanakan pada hari kelipatannya atau kapanpun.
3. Menyalurkan aqiqah dengan cara walimah atau dibagikan kepada lingkungan kita.
4. Memberi nama anak dengan nama yang disukai Allah SWT, dan merupakan do'a bagi anak tersebut.
5. Mencukur rambut kepalanya secara rapi.
6. Menginfaqkan hasil timbangan potong rambut yang disetarakan dengan harga perak atau emas. 

Hikmah Aqiqah 
- Aqiqah merupakan suatu pengorbanan yang akan mendekatkan diri anak kepada Allah SWT, dimasa awal anak tersebut menghirup udara kehidupan.
-  Aqiqah merupakan suatu bentuk pengorbanan bagi anak dari berbagai musibah dan kehancuran, sebagaimana Allah SWT, telah mengorbankan Ismail as, dengan menggantikan sembelihan yang besar.
- Aqiqah merupakan pembayaran hutang anak, untuk memberikan syafaat kepada kedua orang tuanya, kelak di hari kiamat.
- Aqiqah merupakan perwujudan rasa syukur atas keberhasilan pelaksanaan syariat islam dan kelahiran serta bertambahnya generasi muslim yang baru. 
- Aqiqah akan memperkuat tali ikatan cinta diantara anggota dan elemen masyarakat, sebab dengan berkumpul, duduk makan bersama dengan penuh kegembiraan menyambut generasi muslim baru. 
- Aqiqah mempererat tali silaturahim, dalam hal ini aqiqah menjadi media berlangsungnya komunikasi dan interaksi sosial yang erat dan sehat.  

aqiqah surabaya

Setiap ibadah yang disyariatkan oleh Allah SWT untuk hambaNya, tentu memiliki manfaat dan hikmah yang besar bagi umat manusia.
Bahkan di dalam penciptaan langit dan bumi, atau bahkan makhluk yang paling kecil, terdapat suatu hikmah yang besar didalamnya. 
Dan bagi Allah tidaklah ada sesuatu yang diciptakan sia-sia.

Demikian halnya dengan tujuan aqiqah untuk menyembelih hewan saat kelahiran anak yang mengandung banyak hikmah.

aqiqah surabaya

Penyaluran daging aqiqah
Terkait dengan penyaluran daging atau masakan aqiqah, beberapa ulama berpendapat antara lain :
  • Syeikh Jibrin berpendapat bahwa pembagian aqiqah sunnahnya pengaqiqah boleh memakan sepertiganya, sepertiganya diberikan kepada kerabat atau sahabat sebagai hadiah dan menshodaqahkan sepertiga bagian yang lain untuk saudara muslim.
  • Syeikh Utsaimin beliau berpendapat bahwa daging atau masakan aqiqah diperbolehkan untuk dishodaqahkan dan mengumpulkan sanak saudara atau kerabat serta tetangga untuk jamuan makan daging aqiqah yang sudah masak. 
  • Syeikh Ibnu Bazz beliau berpendapat bahwa pengaqiqah bebas memilih antara menshodaqahkan seluruhnya atau sebagian, memasaknya dan mengundang orang yang dianggap pantas diundang dari kalangan kerabat, tetangga, saudara muslim, serta sebagian orang-orang fakir miskin untuk menerima masakan aqiqah. 

SYIAR AQIQOH
Pusat Layanan Aqiqah, Khitan, Nikah Sesuai Syariah
Jl. Raya Kebonsari No.8 Surabaya

Lebih baru Lebih lama

Recent in Harga Aqiqah