Manfaat Nyata Dari Jeruk Nipis

Jeruk nipis telah dikenal sejak lama sebagai tanaman yang sangat kaya akan khasiat. Meski memiliki rasa yang asam dan pahit, akan tetapi manfaat jeruk nipis ternyata banyak dibutuhkan oleh tubuh. Jeruk nipis selain digunakan untuk bahan pangan, buah yang satu ini dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan untuk segala macam penyakit. 

aqiqah surabaya

Dan berbicara tentang nutrisi, jeruk nipis termasuk ke dalam keluarga jeruk yang paling tinggi kandungan vitamin C di dalamnya. Tidak hanya vitamin C, jeruk nipis juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Tidak lupa juga asam sitrat yang membuat rasanya jadi asam.

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yaitu : 
1. Jeruk nipis meningkatkan kekebalan tubuh. Banyak sekali suplemen tubuh yang didalamnya terdapat kandungan vitamin C. Jeruk nipis sendiri merupakan sumber alami dari vitamin C. Dengan rajin meminum air perasan jeruk nipis, kandungan antioksidan berupa flavonoid akan membantu meningkatkan imunitas anda, sehingga dalam kondisi apapun bisa tetap bugar. 

2. Dapat menurunkan berat badan. Meminum perasan jeruk nipis setiap hari rupanya dapat membantu anda menurunkan berat badan. Kandungan jeruk nipis polifenol pada buah jeruk, seperti kapur dapat membantu anda mengurangi lemak perut, berat badan, dan mengecilkan lingkar pinggang. Tapi tentu saja jeruk nipis saja tidaklah cukup. Anda harus menjaga pola makan dan olahraga. 


3. Membunuh bakteri berbahaya. jeruk nipis memiliki manfaat dalam membunuh bakteri berbahaya, seperti E. Coli yang mencemari air minum. Hal itu karena jeruk nipis merupakan sumber vitamin C dan antioksidan. Caranya, tambahkan jeruk nipis pada air dan biarkan air tersebut terpapar sinar matahari selama sekitar 30 menit untuk membersihkan bakteri.

4. Jeruk nipis untuk kecantikan. Tahukah Anda bahwa vitamin C membantu dalam produksi kolagen? Vitamin C tersebut akan membantu Anda tetap awet muda, karena kolagen membuat kulit Anda tetap muda. Antioksidan dalam jeruk nipis juga membantu melawan radikal bebas yang mempercepat penuaan.

5. Manfaat jeruk nipis untuk kulit yang bisa Anda dapatkan adalah kemampuannya mengatasi jerawat. kandungan asam hidroksi alfa (AHA) dalam jeruk nipis, yang membantu membuka sumbatan pada pori-pori dan mengangkat sel kulit mati, ketika dioleskan langsung pada kulit. Selain itu, asam hidroksi alfa dalam jeruk nipis juga memiliki efek antibakteri. Ambil satu jeruk nipis, kemudian iris tidak tidak terlalu tebal kemudian gosokan pada kulit wajah. 

6. Jeruk nipis juga bermanfaat untuk pencegah kanker. Kandungan liminoid dalam jeruk nipis berperan sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat menurunkan risiko sebagian jenis kanker seperti leukimia, kanker lambung, dan kanker usus besar. Fitokimia dalam kapur dapat membantu melawan kanker. Menurut penelitian, beberapa senyawa yang ditemukan dalam jeruk nipis dapat memblokir pertumbuhan kanker usus besar sebanyak 67% hanya dalam 72 jam. Para peneliti juga berspekulasi bahwa sifat antioksidan yang kuat pada jeruk nipis dapat membantu melawan jenis kanker lainnya.

7. Salah satu khasiat jeruk nipis yang banyak disarankan adalah kemampuannya mengatasi batuk. Caranya, ambil satu buah jeruk nipis kemudian diperas dan dicampur dengan satu sendok madu dan sedikit garam. Aduk hingga rata lalu saring air campuran jeruk nipis itu. Anda bisa meminumnya 2-3 kali sehari.

8. Menghilangkan bau badan atau ketiak. Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan flavonoid. Kandungan lainnya dalam jeruk nipis adalah asam sitrat, besi, tembaga, kalium, kalsium, macronutrients, serat, dan kalori. Caranya hampir sama seperti anda menggunakan deodoran. Oleskan ketika anda selesai mandi. 


9. Manfaat jeruk nipis untuk wajah. Mencerahkan wajah. Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati. Dengan manfaatnya mengangkat sel kulit mati inilah, jeruk nipis dipercaya sebagai mencerahkan wajah secara alami.

10. Jeruk nipis untuk membantu melawan diabetes. American Diabetes Association merekomendasikan jeruk nipis kepada para penderita diabetes. Alasannya adalah jeruk nipis memiliki kandungan serat yang membantu mencegah lonjakan gula darah dalam tubuh. Jeruk nipis juga memberi penderita diabetes potasium dan vitamin C. 

11. Menurunkan tekanan darah tinggi. Manfaat jeruk nipis lainnya yang tidak kalah pentinnya adalah berguna untuk mengatur tekanan darah dalam tubuh. Sediakan 30 lembar daun jeruk nipis lalu tambahkan air perasan 2 buah jeruk nipis. Rebus bahan tersebut dengan air setara 3 gelas air bersih hingga tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin saringlah air rebusan tersebut. Dapat diminum 3 kali dalam sehari. Agar manfaat dapat lebih terasa bisa tambahkan madu. 


Lebih baru Lebih lama

Recent in Harga Aqiqah